Cara Membuat Flappy Bird di Scratch
- Masuk ke Scratch
- Buat Proyek Baru
- Beri Nama Proyek Baru Anda
- Pilih Latar Belakang
- Pilihlah Sprite
- Ubah ukuran dan posisikan sprite
- Tambahkan blok kode pertama
- Mengatur posisi awal sprite
- Tambahkan gravitasi ke dalam permainan
- Membuat gravitasi lebih lambat
- Membuat burung itu terbang
- Mendesain Rintangan Permainan
- Animasikan Rintangan
- Posisikan Rintangan Secara Acak
- Akhiri Game Saat Tabrakan
- Uji permainan Anda!
1. Masuk ke Scratch
- Kunjungi scratch.mit.edu dan masuk atau daftar.

2. Buat Proyek Baru
- Setelah Anda masuk, klik tombol Buat berwarna biru di bagian atas halaman.

3. Beri Nama Proyek Baru Anda
- Berikan nama pada proyek Anda, misalnya, “Permainan Flappy Bird”.
- Lalu hapus Scratch cat dengan mengklik ikon tempat sampah di samping sprite.

4. Pilih Latar Belakang
- Pilih opsi Pilih Latar Belakang di sisi kanan bawah layar Anda.

- Saat layar Choose a Backdrop terbuka, pilih latar belakang untuk permainan Flappy Bird Anda. Dalam tutorial ini, saya memilih “Jungle”, tetapi Anda dapat memilih apa pun yang Anda suka!

5. Pilihlah Sprite
- Kemudian, buka opsi Pilih Sprite yang ada di sebelah bagian “Pilih Latar Belakang”.

- Pilih sprite burung pilihan Anda. Kami memilih sprite burung beo , yang disarankan jika Anda ingin membuat gerakan mengepak untuk karakter tersebut.

6. Ubah ukuran dan posisi sprite
- Ubah ukuran sprite Anda dengan mengubah kotak teks Ukuran , kami mengubahnya menjadi 50 dalam tutorial ini.
- Lalu, klik dan seret sprite yang ditampilkan di sebelah kiri permainan, karena pipa akan bergerak dari kanan ke kiri.

7. Tambahkan blok kode pertama
- Buka kategori Peristiwa , lalu klik dan seret blok peristiwa saat bendera hijau diklik ke area kode Anda.

8. Atur posisi awal sprite
- Buka kategori Gerakan dan seret blok go to x and y di bawah blok when green flag clicked . Ini akan memastikan pemain memulai di tempat yang sama setiap kali permainan dimuat.

9. Tambahkan gravitasi ke dalam permainan
- Lalu, pada kategori Blok kendali , seret blok selamanya dan tempelkan di bawah blok buka x dan y .

- Kembali ke kategori Gerakan dan dapatkan perubahan dengan blok gerakan y, lalu seret langsung ke blok selamanya .
- Ubah nilai dalam kotak teks blok change by y menjadi -15 . Sekarang saat Anda menekan ikon bendera hijau di atas permainan, burung itu akan jatuh dengan sangat cepat!

10. Membuat gravitasi lebih lambat
- Untuk memperbaiki burung agar tidak jatuh terlalu cepat, letakkan blok tunggu dari kategori Kontrol sebelum blok perubahan y by .
- Ubah nilai dalam kotak teks menjadi sekitar 0,1 .

11. Membuat burung terbang
- Sekarang mari kita buat agar pemain dapat berinteraksi dengan permainan! Ambil blok saat tombol spasi ditekan dari kategori Acara dan seret ke area kode.

- Buka kategori Gerakan dan dapatkan perubahan y dengan blok dan letakkan di bawah blok saat tombol spasi ditekan . Sekarang pemain dapat membuat burung terbang! CATATAN: Lihat bonus setelah tutorial ini yang akan menunjukkan cara mengepakkan sayap burung saat terbang.

12. Mendesain Rintangan Permainan
- Klik pada pilihan cat dari tombol Sprite Baru untuk membuat sprite pipa.

- Pilih warna pilihan Anda dari opsi Isi , lalu pilih persegi dari daftar alat.

- Klik dan seret persegi untuk membuat dua pilar atau tabung yang akan menjadi rintangan dalam permainan. Ubah posisi dan ukuran pipa sesuai kebutuhan.

13. Animasikan Rintangan
- Klik pada tab Kode dan seret blok saat bendera hijau diklik dari kategori Peristiwa ke area kode. Lampirkan blok selamanya dari kategori Kontrol .

- Selanjutnya, masuk ke kategori Gerakan dan seret satu set y ke blok, satu set x ke blok, dan luncurkan ke blok x dan y di dalam blok selamanya .
- Pada blok set x , ubah kotak teks menjadi 275. Ini akan membuat pipa mulai dari sisi kanan layar!

- Perbarui blok luncur agar meluncur selama 2 detik dan ubah nilai x menjadi -275 , sehingga bergerak ke kiri layar.
- Lalu, pada kategori Gerakan , seret blok posisi y ke dalam nilai y pada blok luncur .

14. Posisikan Rintangan Secara Acak
- Uji proyek Anda, Anda akan melihat bahwa pipa tetap pada posisi yang sama setiap kali bergerak ke arah pemain.
- Untuk memperbaikinya, masuk ke kategori Operator dan ambil blok acak lalu seret ke blok set y to .
- Ubah nilainya menjadi seperti -65 dan 65 .

15. Akhiri Game Saat Terjadi Tabrakan
- Tidak terjadi apa-apa saat burung beo bertabrakan dengan pipa! Mari kita dapatkan blok saat bendera hijau diklik dari kategori Peristiwa dan blok selamanya dari kategori Kontrol untuk mengaturnya.

- Dari kategori Kontrol , dapatkan blok if then dan letakkan di dalam blok forever .

- Kemudian, masuk ke kategori penginderaan dan dapatkan blok penunjuk tetikus yang menyentuh . Seret blok tersebut ke blok if then .
- Klik opsi penunjuk tetikus untuk mengubahnya menjadi Parrot

- Buka kategori Kontrol dan dapatkan blok hentikan semua dan letakkan di dalam blok if then . Ini akan menghentikan permainan saat Parrot dan pipa bertabrakan!

16. Uji permainan Anda!
- Permainan akan berhenti saat burung tersebut menabrak pipa. Lihat proyek yang telah selesai di sini .

Bonus 1 – Menambahkan sistem poin
1. Buat variabel
- Dalam Proyek Flappy Bird Anda, masuk ke kategori Variables dan klik kanan pada variabel yang disebut my variable . Variabel tersebut berada tepat di bawah tombol Make a Variable.
- Kemudian, pilih opsi Ganti Nama Variabel .

2. Beri nama variabelnya
- Pada jendela pop-up, ketik skor untuk nama, lalu klik OK .

3. Menampilkan Skor
- Lalu, klik kotak centang di samping variabel skor. Ini akan membuat skor muncul di permainan Anda.

4. Perbarui skor
- Lalu, pada kategori Variabel, seret blok skor yang ditetapkan ke 0 tepat di bawah blok saat bendera hijau diklik .
- Dapatkan juga skor perubahan sebesar 1 blok dan letakkan di bawah blok luncur .

5. Uji permainannya!
- Uji permainan Anda, Anda seharusnya bisa mendapatkan skor sekarang saat Anda memainkan game tersebut
Bonus 2 – Gerakkan sayap burung saat Anda memainkan game
1. Pilih Sprite
- Pertama, pastikan Anda mengeklik sprite Parrot dari daftar sprite.

2. Ganti kostum Sprite
- Buka kategori Tampilan , lalu ambil blok kostum sakelar di dalam blok selamanya dan di bawah blok saat tombol spasi ditekan .
- Pastikan Anda menggunakan parrot-a di blok forever dan parrot-b di blok when space key pressed .

3. Uji Permainannya
- Apakah sayap burung beo Anda mengepak? Kalau begitu, proyek Anda sudah selesai, hebat!

Apa itu Scratch coding?
Scratch adalah bahasa pemrograman blok yang membantu anak-anak mempelajari ilmu komputer. Bahasa ini berjalan pada platform berbasis web dan gratis untuk digunakan siapa saja. Bahasa ini bekerja dengan mengambil potongan kode dan mengelompokkannya ke dalam blok-blok berwarna. Blok-blok tersebut dapat disatukan untuk membentuk kode yang lebih panjang dan lebih kompleks. Semakin banyak blok yang Anda gunakan, semakin kompleks kode tersebut sehingga menciptakan permainan dan aplikasi yang menarik. Bahasa ini sering digunakan sebagai platform edukasi dan kami sangat merekomendasikannya untuk anak-anak berusia 8-10 tahun karena tidak memerlukan keterampilan mengetik yang kuat. Ini adalah kotak pasir pemrograman yang menyenangkan dan aman bagi anak-anak untuk mempelajari konsep dasar pemrograman dan mengembangkan pemecahan masalah serta pemikiran komputasional mereka. Cari tahu lebih lanjut tentang pemrograman Scratch untuk anak-anak .
sumber data : https://www.codewizardshq.com/how-to-make-flappy-bird-on-scratch/
Tidak ada komentar
Posting Komentar